Detail Informasi

Informasi Terkait

  • Berikut Merupakan 5 Transformasi Digital di 2019.
  • Mengenal Teknologi Cloud Computing

Penyedia Jasa Internt (Internet Service Provider)

Penyedia jasa Internet (PJI) (bahasa InggrisInternet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modemsewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Fungsi ISP

Pada dasarnya, Intenet Service Provider memiliki fungsi dasar sebagai penyedia layanan sambungan internet. Jika dirinci dengan lebih dalam lagi, maka fungsi ISP adalah sebagai berikut :

  • Menyambungkan pengguna layanan mereka ke gateway internet yang paling dekat.
  • Media penyedia layanan jasa koneksi internet.
  • Penyedia perangkat modem yang dibutuhkan untuk dial-up koneksi internet.
  • Sebagai media yang menghubungkan pengguna internet dengan layanan informasi yang ada di World Wide Web (WWW).
  • Sebagai media yang digunakan pengguna internet untuk mengirim surat elektronik (E-mail).
  • Sebagai media yang digunakan pengguna internet untuk melakukan komunikasi suara melalui internet.
  • Sebagai lokasi homepage untuk pengguna internet.
  • Sebagai media untuk melakukan kegiatan upload dan download data dari intenet.
  • Dan lain-lain

Bagaimana Cara Kerja ISP?

cara kerja isp

Singkatnya, setelah pihak pengguna layanan ISP melakukan permintaan akses internet kepada ISP maka ISP akan me-routing jaringannya ke perangkat yang dimiliki  pengguna, seperti access point, modem, dan handphone.

Selanjutnya, pengguna bisa menggunakan dan menikmati akses internet pada perangkat yang mereka miliki, bahkan bisa memilih tipe jaringan mana yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Layanan ISP (Internet Service Provider)

Setelah memahami pengertian ISP dan fungsinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa saja jenis layanan ISP tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan dari Internet Service Provider di Indonesia:

1. Dial-Up Connection

Jenis ISP ini paling umum digunakan pada bisnis warnet atau warung internet, dimana pengguna tidak dikenakan biaya secara terus menerus melainkan sesuai dengan waktu penggunaan mereka saat terhubung dengan jaringan internet.

Dial-up connection menggunakan modem dan kabel telepon untuk terhubung ke internet. Umumnya akses dial-up ini digunakan untuk:

  • Personal dial-up
  • Corporate dial-up
  • LAN dial-up ISDN
  • Night server access

2. Dedicated Connection

Jenis layanan ISP ini memiliki sifat yang menetap dimana pengguna akan terhubung dengan jaringan internet selama 24 jam penuh dalam 7 hari. Biasanya jenis ISP ini umum digunakan pada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan dan komputer yang banyak.

3. Internet Hotspot

Jenis layanan internet yang tidak menggunakan kabel layaknya pada dial-up. Biasanya digunakan di café, bandara atau tempat-tempat umum lainnya. Sangat cocok digunakan ketika Anda menggeluti bisnis di bidang kuliner.

4. Internet Wireless

Internet wireless merupakan layanan internet tanpa kabel dan tanpa biaya telepon. Biaya yang dikenakan adalah hanya untuk pemakaian internet saja.

5. Internet Mobile Acces

Ini merupakan layanan ISP bagi para pengguna perangkat mobile/ smartphone sehingga pengguna dapat mengakses internet melalui perangkat mereka. Jenis ISP ini paling banyak digunakan untuk akses internet pada smartphone yang mendukung GSM maupun CDMA.